Manfaat dan Fungsi E-KTP

By status biru Jumat, 20 April 2012 0 comments
e-ktp / tribunnews


Sebagian warga kampung pada umumnya trmasuk saya tentunya agak bingung atau bertanya tanya apasih Manfaat dan Fungsi E-KTP ? alasan membuat e-ktp? dan pertanyaan - pertanyaan wajar yang sejenis lainya. Yup akhir - akhir ini memang sedang ribut - ribut pembuatan e-ktp dan itu juga terjadi dalam lingkungan saya. Awalnya saya juga agak skeptis dan tidak terlalu tertarik dengan urusan birokrat macam ini. Saya tambah skeptis ketika ingat ktp biru yang katanya nasional milik saya baru berumur kurang dari satu tahun.



Namun pmberitaan yang berlebih di media mainstream lama - lama membuat rasa skeptis itu luntur, saya mulai bertanya kepada baginda kacamata. Hasilnya ternyata menarik juga jadi dijlaskan di dalam hasil pencarian saya bahwa Manfaat E-KTP itu adalah sebagai tanda validasi identitas yang unik untuk setiap warga Indonesia. Analogi sederhananya seperti ketika kita membeli baju di superdupermarket, setiap baju pasti memiliki nomor identitas yang dituangkan ke dalam barcode, atau seperti NIP pada pegawai negeri sipil lah.

Nah untuk fungsi e-ktp yaitu dengan ke unikannya maka diharapkan tidaka ada lagi identitas ganda serta ktp palsu atau istilah klasiknya tembakan. Dan nantinya e-ktp ini dapat digunakan sebagai pengganti kartu pemilih pada pemungutan suara.

Pertanyaan klasik lain yang muncul adala masalah biaya pembuatan. Sampai saat ini dari beberapa sumber menyebutkan bahwa pembuatan e-ktp itu gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Hebat bukan ? hai gini ada gratisan. Oke sekian sedikit pncerahan dari saya tentang Manfaat dan Fungsi E-KTP , kurang maap - maap kalo ada salah kata salah informasi atau salah diksi #CMIIW Sharing is sexy

Related posts

0 komentar for this post

Leave a reply